Anjing Pelacak Temukan Titik Korban Tertimbun di Hotel Roa Roa Palu

Sumber : detik.com

Palu – Tim SAR gabungan menerjunkan anjing pelacak untuk mencari korban di reruntuhan Hotel Roa Roa, Palu, Sulteng, yang roboh akibat gempa. Empat ekor anjing pelacak mulai dilibatkan sore hari ini.
“Karena setelah koordinasi dulu sama TNI, Basarnas, Polri ternyata dibutuhkan anjing, baru dia turun. Sebetulnya kalau dibutuhkan segera waktu itu bisa dia datang hari itu juga,” kata anggota Tim Jakarta Rescue, Wali yang membawa anjing pelacak tersebut di reruntuhan Hotel Roa Roa, Jalam Pattimura, Palu, Selasa (2/10/2018).
Setelah diturunkan, keempat ekor anjing itu menemukan titik yang diduga lokasi korban tertimbun. Titik-titik tersebut sudah dintandai dan tinggal dilanjutkan dengan alat berat.

“Ini kan tadi sudah mulai, sudah kita assessment sudah dapat berapa titik. Tinggal Basarnas yang keruk pakai alat berat,” ungkapnya.

Keempat anjing itu merupakan jenis Malinois dan Golden Retriever. Mereka akan kembali diterjunkan jika pencarian dengan alat berat mengalami kebuntuan.
Pantauan detikcom di lokasi, petugas masih melakukan evakuasi hingga pukul 17.40 WITa. Tiga unit alat berat dikerjakan untuk menemukan korban yang tertimbun reruntuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *