MITIGASI GEMPA & LANGKAH EVAKUASI di GEDUNG BERTINGKAT

News Add comments

Selasa, 17 April 2012

Seminar mitigasi gempa dan simulasi langkah evakuasi di gedung bertingkat dilaksanakan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Kabinet, Jakarta. Pemberi materi seminar gempa adalah Ir Sugeng Triutomo,  pakar gempa dari ITB (Dr Ir Irwan Meilano, Profr Dr Ir Masyhur Irsyam, Prof Dr Ir Widiadnyana M dan Bp R Hadianto W,SH (Ketua Umum Jakarta Rescue). Kegiatan tersebut diikuti oleh 400 peserta dari BUMN, Perusahaan, Hotel, Sekolah, Instansi Pemerintah, Polisi dan Militer. Pada kesempatan tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Bp Andi Arief, membuka kegiatan tersebut dan menekankan pentingnya kesiapsiagaan seluruh lapisan masyarakat dalam antisipasi bencana gempa.

Pakar ITB menjelaskan tentang situasi kegempaan di pulau Jawa khususnya Jakarta, efek terhadap bangunan tinggi dan fungsi GPS dalam penentuan lokasi gempa di Jakarta. Ketua umum JR, Bp Hadianto, menjelaskan tentang program tanggap darurat di gedung bertingkat, perlunya peran floor captain, building commander dan incident manager, serta tim USAR (Urban Search And Rescue), dan juga perlunya area meeting point dan assembly point. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan simulasi evakuasi dengan peran floor captain dari gedung bertingkat dan pelaksanaan pencarian korban dengan menggunakan anjing pelacak serta penyelamatan korban oleh tim USAR dengan menggunakan teknik repling. Anjing pelacak Jakarta Rescue, seekor Golden Retriever bernama Goldie menemukan korban di bawah reruntuhan di dalam gedung, Rotweiller bernama Rotti menemukan korban di dalam mobil di luar gedung. Anjing pelacak Jakarta Rescue unit Pitbull, seekor Pitbull bernama Toro, menemukan korban di luar gedung di bawah reruntuhan. Anjing pelacak Polisi Satwa K9, seekor Labrador Retriever, menemukan lokasi yang dicurigai benda berbahaya (hazard material) berupa bahan peledak.

Simulasi dilaksanakan dengan menggunakan sistem komando pengendalian lapangan (SKPL) sehingga koordinasi dapat berjalan dengan baik. Seluruh kegiatan ditutup oleh Bapak Andi Arif pukul 15.00.

                             

 

 

RSS feed | Trackback URI

Comments »

No comments yet.

Name (required)
E-mail (required - never shown publicly)
URI
Your Comment (smaller size | larger size)
You may use <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> in your comment.
WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in