May 29, 2018

Sejarah

JAKARTA RESCUE adalah organisasi sosial kemanusiaan yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1986 oleh Bpk. R. Hadianto Warjaman, SH dan dikukuhkan oleh Ketua PMI Jakarta Bpk. Moh. Muas, SMHK dengan tujuan menggalang seluruh lapisan masyarakat Jakarta khususnya elemen pemuda, mahasiswa dan pelajar untuk peduli kepada bidang-bidang kemanusiaan dalam rangka mengantisipasi berbagai bentuk bencana alam yang melanda kota Jakarta.

Dalam perjalanannya, Jakarta Rescue telah berperan serta pada kegiatan kemanusiaan diantaranya bencana alam Gunung Galunggung, misi kemanusiaan Timor-Timur, banjir dan gempa di Flores, gempa Liwa, banjir Jakarta 2002, tsunami Aceh, gempa Yogyakarta, tsunami Pangandaran, banjir Jakarta 2007 dan longsor di Babakan Madang, Sentul Selatan. Bencana longsor sulawesi, gempa bengkulu, erupsi gunung kelud, banjir jakarta 2008

Pada kurun waktu 2006, Jakarta Rescue menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan penyelamatan air, laut, dan gunung tanpa dipungut biaya (gratis) sebanyak 250 personil meliputi instansi TNI, POLRI, sipil, dan penyelamat pantai (Balawista) dan 400 anggota Satpol PP Linmas DKI Jakarta.
Program ini akan dikembangkan terus pada tahun-tahun mendatang sesuai dengan moto ”Loyalitas Tanpa Batas Selamatkan Sesama”.

VISI, MISI dan PARADIGMA

  • Visi  :  Visi Jakarta Rescue adalah Loyalitas Tanpa batas Selamatkan Sesama
  • Misi :  Misi Jakarta Rescue adalah melahirkan manusia Indonesia peduli kemanusiaan.
  • Paradigma  :  Mewujudkan visi dan misi Jakarta Rescue merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh jajaran Jakarta Rescue dan dalam pelaksanaan tugasnya mengacu pada perilaku Loyalitas Tanpa Batas Selamatkan Sesama secara profesional.

FUNGSI

Jakarta Rescue adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bersifat mandiri dan mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah, maupun swasta asing dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  2. Sebagai mitra kerja strategis pemerintah DKI Jakarta dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  3. Sebagai konsultan penanggulangan bencana alam

TUGAS & TANGGUNG JAWAB
Tugas dan tanggung jawab Jakarta Rescue adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan kemanusiaan secara mandiri di seluruh wilayah Republik Indonesia
  2. Melakukan kegiatan upaya penanggulangan bencana alam diseluruh wilayah Republik Indonesia
  3. Melakukan program pendidikan dan latihan pencarian dan penyelamatan (Search And Rescue)

STANDAR OPERASIONAL
Dalam pelaksanaan kegiatannya, Jakarta Rescue mengacu pada standar nasional dan internasional yang meliputi penyelamatan air, laut, dan darat termasuk penggunaan alat darurat serta pertolongan pertama pada kondisi bencana terutama Basic Life Support.

ETIKA 
Organisasi Jakarta Rescue dijalankan berdasarkan pada prinsip-prinsip etika yang dianut sesuai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.